| Beranda | Blog | Adsense | YouTube | Bisnis |

eBook ( Buku Elektronik ) | Buku Digital

Bagi internet lovers pasti sering mendengar tentang istilah ebok ( e-Book ), dan pastinya semua internet lover sudah tau Apa Itu e-Book ??... " Ya..semacam file yang berisi bacaan yang hampir sama dengan artikel blog, yang bedanya e-Book lebih lengkap, bisa mencapai beberapa halaman gutu deh !!! ". Tetapi masih banyak warga internet lovers yang belum tau Apa Itu ebok ( e-Book ), bagi yang belum tau ?? Yuk..!!  kita bahas tentang e-Book di-sini.

eBook
Image by Google

e-Book (buku elektronik) atau buku digital merupakan buku dalam versi elektronik atau digital. Jika buku biasa yang sering kita jumpai terdiri dari lembaran kertas yang berisi teks atau gambar, maka e-Book berisi informasi berupa digital yang juga memuat teks maupun gambar. Di era digital sekarang ini e-Book lebih diminati karena tidak perlu lagi membawa buku konfensional, karena eBook hanya memerlukan perangkat yang dapat membuka format buku digital / elektronik (e-Book), dan biasanya e-Book memiliki fitur pencarian yang mempermudah pencarian konten dalam e-Book agar mudah ditemukan. e-Book memiliki beberapa format yang biasa dipakai seperti, html, pdf, jpeg, lit, doc, OPF, dan tek polos. Akan tetiap setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tergantung dari perangkat yang digunakan untuk membaca e-Book.

Jenis - Jenis Format Buku Digital / Elektronik ( e-Book )

e-Book memiliki beberapa format yang dapat digunakan, dan biasanya tergantung dari perangkat yang mendukung dan ketersediaan e-Book dalam format tersebut.

Format Teks polos
Teks polos merupakan format yang paling sederhana dan hampir dapat dilihat dari semua perangkat lunak yang berbasis komputer personal (PC).

Format PDF
e-Book Format PDF hampir mirip dengan buku yang sebenarnya, untuk e-Book format ini miliki fitur pencarian, daftar isi, pranala luar, multimedia, dan juga memuat gambar. Kelebihan dari Format ini bisa langsung di cetak dari perangkat.

Format JPEG
e-Book Format JPEG sama seperti format gambar biasanya, e-Book format JPEG biasanya digunakan untuk buku Komik atau Manga yang kontenya banyak mengandung gambar.


Format LIT
e-Book Format LIT merupakan format dari Microsoft Reader, e-Book dengan format ini memiliki bentuk hurup yang nyaman untuk dibaca dan dapat menyesuaikan dengan lebar layar pada perangkat mobile.

Format Docx
e-Book Format Docx merupakan format dari Microsoft Word, e-Book dengan format ini paling banyak digunakan karena memiliki ukuran file yang kecil dan memiliki huruf yang bervaritif.

Format HTML
e-Book format HTML, layout tulisan dan gambar dapat diatur ulang. Kekurangan dari format ini adalah, hasil dalam layar yang sudah diatur ulang terkadang tidak sesuai ketika dicetak.

Format Open Electronic Book Package
e-Book dengan format ini lebih dikenal dengan nama Flip Book (OPF), OPF merupakan format buku elektronik yang berbasis XML. e-Book dengan format ini biasanya menampilkan konten 3D, dan dapat dibaca dari browser yang biasa digunakan warga internet lovers, seperti : Mozilla, Firefox, dan Internet Explorer tanpa perlu menggunakan tambahan plugin. Akan tetapi jika ingin membuka jenis e-Book dengan format ini seperti full versi, internet lovers harus mempunyai app khusus untuk membaca e-Book dengan format OPF.

“ Sekian dulu artikel tentang e-Book, bagi yang belum tahu semoga makin tahu dan yang sudah tahu silahkan tambahkan bila ada yang perlu ditambahkan

!! Save Internet Positif !!

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "eBook ( Buku Elektronik ) | Buku Digital"

Post a Comment