| Beranda | Blog | Adsense | YouTube | Bisnis |

9 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog

9 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog

9 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog - bagi anda yang masih bingung untuk memilih nama domain yang tepat untuk dipasang diblog, bisa ikuti cara-caranya dibawah ini.

PERTAMA

Jangan Menggunakan Domain Gratis
Domain gratis biasanya paling banyak dicari oleh para blogger, karena dengan menggunakan domain gratis tidak perlu mengeluarkan biaya/uang atau blogger yang tidak mau membeli domain berbayar.

Contoh Domain Gratis
  • www.contoh[.tk]
  • www.contoh[.ga]
  • www.contoh[.ml]
Resiko Menggunakan Domain Gratis Domain gratis biasanya tidak sepenuhnya gratis, hanya gratis di tahun pertama atau memiliki persyaratan tersembunyi yang bisa membuat blogger kehilangan akses domain tanpa pemberitahuan.
Domain gratis juga sering digunakan oleh blog-blog spam yang bisa suatu saat terkena peringatan atau banned oleh Google.

KEDUA

Gunakan Brandable Domain Jangan Gunakan Exact Match Domain
Brandable Domain adalah nama domain yang mengutamakan branding.

Contoh
  • www.facebook.com
  • www.google.com
  • www.youtube.com
  • www.yahoo.com
  • www.wikipedia.com

Exact Match Domain adalah nama domain yang menggunakan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan ranking di mesin pencari.

Contoh
Kata Kunci Target " Cara Membuat Blog "
Exact Match Domain www.cara-membuat-blog.com

KETIGA

Hindari Menggunakan Merek Dagang (Trademark) Orang Lain pada nama domain
Poin ketiga ini yang paling sering terlupakan oleh blogger pada saat mendaftarkan nama domainnya. Dengan menggunakan merek dagang (Trademark) milik orang lain, pemilik blog dapat beresiko dituntut oleh pemilik merek dagang (trademark) tersebut.

Contoh
Domain Yang Menggunakan Trademark www.tokopedia-ku.com
Resiko Jika diketahui pemilik merek dagang (trademark) mungkin saja mereka akan menuntut blogger karena menggunakan merek dagang (trademark) yang bersangkutan tanpa izin

KEEMPAT

Gunakan Nama Domain Yang Umum Seperti .COM, .NET atau Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Ketika sobat mencari nama domain usahakan untuk mencari domain dengan ekstensi .COM. Alasannya karena ekstensi domain ini adalah yang paling populer di internet.

Kebanyakan orang yang masih awam tentang internet menganggap semua alamat website di internet belakangnya pakai .COM. Jadi supaya nggak bikin bingung orang awam, pakailah ekstensi .COM.


Jika sobat tidak menemukan nama domain yang pas dengan ekstensi .COM, alternatifnya bisa dengan menggunakan ekstensi .NET (ekstensi domain paling populer kedua).

Tapi kalau .COM dan .NET nggak ada yang pas, alternatif ketiga adalah dengan menggunakan ccTLD.

Kebanyakan orang akan merekomendasikan .ORG sebagai alternatif ketiga, tapi saya lebih merekomendasikan ccTLD karena .ORG kurang cocok untuk dipasang di blog.

ccTLD merupakan singkatan dari Country Code Top-Level Domain, sebuah domain khusus bagi Negara tertentu.

Contoh
.ID Indonesia
.US Amerika
.MY Malaysia
.IN India
.JP Jepang
.UK United Kingdom

Kelima

Menggunakan Nama Domain Unik
Buatlah nama domain sobat seunik mungkin, jangan meniru nama domain miliki orang lain atau mama domain yang sudah ada.

Contoh:
Kita memiliki blog tentang "Makanan", maka usahakan jangan menggunakan domain dengan kata "Kuliner". Karena banyak sekali blog tentang makanan yang menggunakan kata "Kuliner" pada nama domainnya.

Keenam

Usahakan Menggunakan Nama Domain Yang Mudah Di Ucapkan dan Di Ingat
Gunakanlah nama domain yang mudah ditulis dan mudah untuk diingat. Karena dengan begitu kita dapat dengan mudah mempromosikan blog milik kita.

Contoh:
  • Usahakan tidak menggunakan tanda hubung atau simbol-simbol yang tidak jelas.
    contoh: www.aku-ganteng.com
  • Jangan Menggunakan kata yang sulit dieja
    contoh: www.mhorzjhobk.com
  • Usahakan tidak menggunakan nama domain yang terlalu panjang
    contoh: www.akugantengsekalisekampungku.com)

Ketujuh

Usahakan Tidak Menggunakan Nama Domain Berdasarkan Trend
Pengecualian, Jika pemilik blog yang memiliki topik blog yang khusus membahas topik yang sedang trend, maka tidak masalah jika menggunakan nama domain yang menyesuaikan dengan trend.

Contoh:
Pada tahun lalu sedang trend tentang ikan hias Arwana, maka anda bisa menggunakan nama domain www.redarwana.com jika topik blog khusus membahas tentang ikan arwana.

Tapi, jika anda membuat blog tentang semua "Ikan Hias". maka jangan menggunakan kata "Arwana" pada nama domain, karena kata "Arwana" tidak tahu akan trend di tahun-tahun berikutnya.

Kedelapan

Jangan Menggunakan Nama Domain Expired
Domain Expired adalah nama domain yang sudah pernah terdaftar atas nama orang lain dan nama domain tersebut sudah tidak bisa didaftarkan kembali.

Doamin Expired biasanya bekas web virus, pornografi, web spam, atau web yang melanggar ketentuan. Jadi, jika menggunakan nama domain expired beresiko blog yang kita memiliki tidak akan muncul pada mesin pencari atau tidak bisa di Monetisasi dengan Adsense.

Cara memeriksa nama domain yang sudah expired bisa kunjungi ( http://whois.domaintools.com/ ) Masukan nama domain yang ingin diperiksa, lalu klik Search. Jika muncul tulisan "Deleted And Available Again" maka domain tersebut adalah domain expired.

Cara memeriksa nama domain yang sudah pernah di banned Google AdSense atau belum, silahkan kunjungi ( http://www.isbanned.com/ ).

Kesembilan

Daftarkan Nama Domain Pada Tempat Yang Sudah Terpercaya
Silahkan cari tempat untuk mendaftarkan nama domain yang terpercaya atau tidak bermasalah dan paling banyak orang pakai.


Sumber: dikutip dari sugeng.id

Artikel terkait:

4 Tanggapan untuk "9 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog"